Pengertian Negara Serikat

Pengertian Negara Serikat (Federal)

Pengertian Negara Serikat (Federal) - Negara serikat adalah suatu negara yang terdiri atas beberapa negara bagian, tetapi setiap negara bagian tersebut tidak berdaulat. Yang berdaulat adalah gabungan negara-negara bagian itu. Negara-negara bagian mempunyai kekuasaan untuk membuat dan memiliki UUD tersendiri (asal tidak bertentangan dengan UUD Federal), kepala negara tersendiri, parlemen tersendiri dan kabinet sendiri. Sementara untuk angkatan perang, hubungan luar negeri, keuangan dan moneter lazimnya berada sebagai kekuasaan pemerintah federal.

Al Chaidar Zulfikar Salahuddin Herdi Sahrasad mengemukakan “negara federasi (bondsstaat) berbicara tentang satu negara besar yang berfungsi sebagai negara pusat dengan konstitusi federal yang didalamnya terdapat sejumlah negara bagian yang masing-masing memiliki konstitusi sendiri-sendiri. Konstitusi federal adalah mengatur batas-batas kewenangan pusat (federal), sedangkan sisanya dianggap sebagai milik daerah negara bagian”.

Dari sudut pandang hukum internasional, yang disebut negara federal adalah adalah gabungan sejumlah negara yang dinamakan negara-negara bagian yang diatur oleh suatu undang-undang dasar yang membagi wewenang antara pemerintah federal dan negara-negara bagiannya. Walaupun negara-negara bagian mempunyai konstitusi dan pemerintahan masing- masing, namun negara federal inilah yang merupakan subjek hukum internasional dan mempunyai wewenang untuk melakukan kegiatan luar negeri.

Keyword: pengertian negara serikat dan negara kesatuan - pengertian negara serikat dan contohnya - pengertian negara serikat dan ciri-cirinya - pengertian negara serikat menurut para ahli - pengertian negara serikat dan negara republik - pengertian negara serikat brainly - pengertian negara serikat di indonesia - pengertian negara serikat (federal) - pengertian negara serikat federasi - artikel pengertian negara serikat - artikel pengertian negara serikat wikipedia - arti negara serikat - definisi negara serikat.
Previous
Next Post »