Pengertian Pantun

Pengertian Pantun

Pengertian Pantun - Dalam pengertian umum, pantun merupakan salah satu bentuk sastra rakyat yang menyuarakan nilai-nilai dan kritik budaya masyarakat. Pantun adalah puisi asli Indonesia (Waluyo, 2006:9). Pantun juga terdapat dalam beberapa sastra daerah di Indonesia seperti “parika” dalam sastra jawa atau “paparikan” dalam sastra sunda.

Menurut Van Ophuysen pantun tercipta atau lahir karena keinginan untuk mengiaskan sesuatu dengan menggunaakan benda-benda alam. Hal ini sama dengan ende-ende dalam bahasa batak yang merupakan suatu bentuk penggunaanbenda-benda alam sebagian lambang untuk menyampaikan suatu maksud tertentu.

Kata pantun itu sendiri dijelaskan R.O.Winsted sebagai kata pantun boleh jadi diambil dari bentuk karma bahasa jawa : pari yang sama dengan katapari dalam bahasa sanskrerta:pribahasanya yang artinya susunan atau aturan.

Branstetter mencoba menguraikan kata pantun dari akar kata tun yang kemudian menjadi tuntun yang artinya menyusun atau teratur. Dalam bahasa tagalok menjadi kata tuntun yang artinya berbicara menurut aturan tertentu. Diantara pantun lado pantunlah yang merupakan milik Indonesia sejati,pantun digunakan dalam berbagai situasi kehidupan dalam gembira orang berpantun dalam kesedihan orang berpantun karena itu pula kita mengenal berbagai macam pantun.

Menurut Surana (2010:31), pantun ialah bentuk puisi lama yang terdiri atas 4 larik sebait berima silang (a b a b). Larik I dan II disebut sampiran, yaitu bagian objektif. Biasanya berupa lukisan alam atau apa saja yang dapat diambil sebagai kiasan. Larik III dan IV dinamakan isi, bagian subjektif. Sama halnya dengan karmina, setiap larik terdiri atas 4 perkataan. Jumlah suku kata setiap larik antara 8-12.

Dalam buku Bahan Ajar Sastra Rakyat (2005:70) mengatakan bahwa: Pantun adalah puisi melayu tradisional yang paling popular dan sering dibincangkan. Pantun adalah ciptaan asli orang Melayu; bukan saduran atau penyesuaian dari puisi-puisi jawa, India, cina dan sebagainya. kata pantun mengandung arti sebagai, seperti, ibarat, umpama, atau laksana.

Sedangkan dalam Kamus Istilah Sastra (2006:173) menjelaskan bahwa: Pantun adalah Puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasa terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b) tiap larik biasanya berjumlah empat kata; baris pertama dan baris kedua biasanya tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi; setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata; merupakan peribahasa sindiran; jawab pada tuduhan dan sebagainya.

Jenis Pantun Berdasarkan Isinya
Pantun Anak-anak

a. Pantun bersuka cita
Pantun bersuka cita adalah pantun yang isinya mengungkapkan perasaan gembira/bahagia
b. Pantun berduka cita
Pantun berduka cita adalah pantun yang berisi ungkapan kesedihan hati atau berduka

Pantun Muda
a. Pantun nasib (pantun dagang)
Pantun nasib (pantun dagang) adalah pantun yang merupakan penggambaran keadaan seseorang.
b. Pantun perkenalan
Pantun perkenalan adalah pantun yang berisi ungkapan untuk mengenal seseorang dan ucapannya berupa pantun.

Ciri-ciri Pantun
Abdul Rani (2006:23) mengatakan bahwa ciri-ciri pantun sebagai berikut:
1. Terdiri atas empat baris;
2. Tiap baris terdiri atas 9 sampai 10 suku kata;
3. Dua baris pertama disebut sampiran dan dua baris berikutnya berisi maksud si pemantun. Bagian ini disebut isi pantun;
4. Pantun mementingkan rima akhir dan rumus rima itu disebut dengan abjad /ab-ab/.

Syarat-Syarat pantun :
1. Terdiri atas empat larik/baris
2. Tiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata, tapi yang lazim 10
3. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran
4. Baris ketiga dan keempat merupakan isi
5. Bersajak akhir dengan pola a-b-a-b.

Keyword: pengertian pantun dan contohnya - pengertian pantun dan syair - pengertian pantun berkait - pengertian pantun jenaka - pengertian pantun agama - pengertian pantun teka teki - pengertian pantun nasehat - - pengertian pantun adat - pengertian pantun nasib - pengertian pantun beriba hati - pengertian pantun karmina - pengertian pantun kilat - pengertian pantun perpisahan - pengertian pantun suka cita - pengertian pantun talibun - pengertian pantun biasa - pengertian pantun dan ciri cirinya - pengertian pantun menurut para ahli - pengertian pantun adat istiadat dan contohnya - pengertian pantun anak anak dan contohnya - pengertian pantun asmara - pengertian pantun bahasa sunda - pengertian pantun bersuka cita - pengertian pantun bersajak - pengertian pantun baru - pengertian pantun brainly - pengertian pantun bidal - pengertian pantun berantai - pengertian pantun bahasa indonesia - pengertian pantun berdasarkan isi - arti pantun - definisi pantun
Previous
Next Post »