Pengertian Visi dan Misi


Pengertian Visi dan Misi - Visi adalah suatu cara pandang sebuah organisasi terhadap harapan yang ingin di capai di masa yang akan dating. Sedangkan misi seperti usaha, kegiatan, tindakan yang strategis, dan merupakan tugas satuan yang mendukung tugas kerja organisasi. Berikut inilah pengertian visi dan misi:

Pengertian Visi:
- Visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Atau kemampuan melihat gambaran / wawasan masa depan yang diinginkan berdasar penglihatan/pengamatan/perbandingan kondisi yang ada/ keadaan sekarang. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988).
- Visi adalah kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang; ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu (Dictionary Of Language and Culture, Longman).
- Visi adalah bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga (H. Dawan Rahardjo, Wawasan dan Visi (Pembangunan Abad-21)
- Visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang ada. (Burt Nanus, Kepemimpinan Visioner)
- Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan instansi pemerintah.
- Visi berkaitan dengan pandangan masa depan, menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat bekerja secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. (LAN, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
- Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Wibisono (2006, p. 43).

Kegunaan Visi
- Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan.
- Dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya.
- Pembentukan dan pembangunan budaya perusahaan (corporate culture).

Pengertian Misi:
- Misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb. (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
- Misi adalah tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang – specifc task a person or group is charged – (Webster Third New International Dictionary).
- Misi merupakan langkah/kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi. (DR. Sapta Nirwandar, Makalah Seminar).
- Misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi (Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan).
- Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. (Lembaga Administrasi Negara, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
- Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Wibisono (2006,p.46)

KEYWORD: pengertian visi dan misi menurut para ahli - pengertian visi dan misi beserta contohnya - pengertian visi dan misi organisasi - pengertian visi dan misi dalam pendidikan - pengertian visi dan misi hidup - pengertian visi dan misi pdf - pengertian visi dan misi wikipedia - pengertian visi dan misi dalam usaha - pengertian visi dan misi menurut kamus besar bahasa indonesia - pengertian visi dan misi pembangunan nasional - pengertian visi dan misi rumah sakit - definisi visi dan misi menurut ahli - arti visi dan misi itu apa - pengertian visi dan misi perusahaan menurut para ahli - apakah pengertian visi dan misi - pengertian antara visi dan misi - pengertian visi dan misi dari berbagai sumber - pengertian arti visi dan misi - definisi visi dan misi menurut para ahli - definisi visi dan misi menurut para ahli pdf - apa itu pengertian visi dan misi - pengertian arti kata visi dan misi - perbedaan visi dan misi
Oldest